Ragam bentuk telematika yang di sajikan merupakan apilkasi yang sudah
berkembang di berbagai sektor kehidupan sehingga tidak menutup
kemungkinan terjadi tumpang tindih. Semua kegiatan work and play dapat
menggunakan teknologi telematika sebagai penunjang kinerja semua usaha
di semua sektor kehidupan baik dalam sektor ekonomi, sosial dan budaya.
Globalisasi telah menghasilkan pergeseran dalam dunia pendidikan, dalri
pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih
terbuka. Di Indonesia sudah berkembang pendidikan terbuka dengan modus
belajar jarah jauh (distance lesrning) dengan media internet berbasis
web atau situs.
1. Layanan Telematika di Bidang Informasi
Pada hakikatnya, penggunaan telematika dan aliran informasi harus
berjalan sinkron dan penggunaanya harus ditujukan untuk meningkatkan
kesejahteraan masyarakat, termasuk pemberantasan kemiksinan dan
kesenjangan, serta meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Selain itu,
teknologi telematika juga harus diarahkan untuk menjembatani kesenjangan
politik dan budaya serta meningkatkan keharmonisan di kalangan
masyarakat. Salah satu fasilitas bagi masyarakat untuk mendapatkan
informasi yaitu melalui internet dan telefon. Ada baiknya bila fasilitas
publik untuk mendapatkan informasi terus dikembangkan, seperti warnet
dan wartel. Warung Telekomunikasi dan Warung Internet ini secara
berkelanjutan memperluas jangkauan pelayanan telepon dan internet, baik
di daerah kota maupun desa, bagi pelanggan yang tidak memiliki akses
sendiri di tempat tinggal atau di tempat kerjanya. Oleh karena itu
langkah-langkah lebih lanjut untuk mendorong pertumbuhan jangkauan dan
kandungan informasi pelayanan publik, memperluas pelayanan kesehatan dan
pendidikan, mengembangkan sentra-sentra pelayanan masyarakat perkotaan
dan pedesaan, serta menyediakan layanan “e-commerce” bagi usaha kecil
dan menengah, sangat diperlukan. Dengan demikian akan terbentuk
Balai-balai Informasi. Untuk melayani lokasi-lokasi yang tidak
terjangkau oleh masyarakat. Contoh dalam bidang informasi :
- Warung Telepon
- Warung Internet
- E-Commerce
- Global Positioning System (GPS)
Layanan keamanan merupakan layanan yang menyediakanan keamananinformasi
dan data. layanan terdiri dari enkripsi, penggunaan protocol, penentuan
akses control dan auditin.
Layanan keamanan memberikan fasilitas yang berfungsi untuk memantau dan
memberikan informasi bila ada sesuatu yang berjalan atau beroperasi
tidak seharusnya. dengan kata lain layanan ini sangat penting untuk
menjaga agar suatu data dalam jaringan tidak mudah terhapus atau hilang.
Kelebihan dari layanan ini adalah dapat mengurangi tingkat pencurian
dan kejahatan. Contoh layanan keamanan yaitu:
- Weather, Stock information
- Entertainment and M-commerce
- Penggunaan Firewall
- Penggunaan Antivirus
Layanan Context Aware dan Event-Based Context-awareness merupakan
kemampuan layanan network untuk mengetahui berbagai konteks, yaitu
kumpulan parameter yang relevan dari pengguna (user) dan penggunaan
network itu, serta memberikan layanan yang sesuai dengan
parameter-parameter itu. Beberapa konteks yang dapat digunakan antara
lain lokasi user, data dasar user, berbagai preferensi user, jenis dan
kemampuan terminal yang digunakan user. Tiga hal yang menjadi perhatian
sistem context-aware menurut Albrecht Schmidt, yaitu:
- The acquisition of context
Hal ini berkaitan dengan pemilihan konteks dan bagaimana cara memperoleh konteks yang diinginkan, sebagai contoh : Pemilihan konteks lokasi, dengan penggunaan suatu sensor lokasi tertentu (misalnya: GPS) untuk melihat situasi atau posisi suatu lokasi tersebut. - The abstraction and understanding of context
Pemahaman terhadap bagaimana cara konteks yang dipilih berhubungan dengan kondisi nyata, bagaimana informasi yang dimiliki suatu konteks dapat membantu meningkatkan kinerja aplikasi, dan bagaimana tanggapan sistem dan cara kerja terhadap inputan dalam suatu konteks. - Application behaviour based on the recognized context
Terakhir, dua hal yang paling penting adalah bagaimana pengguna dapat memahami sistem dan tingkah lakunya yang sesuai dengan konteks yang dimilikinya serta bagaimana caranya memberikan kontrol penuh kepada pengguna terhadap sistem.
Resource Discovery Service (RDS) adalah sebuah layanan yang berfungsi
untuk penemuan layanan utilitas yang diperlukan. RDS juga berfungsi
dalam pengindeksan lokasi layanan utilitas untuk mempercepat kecepatan
penemuan.
Layanan perbaikan sumber yang dimaksud adalah layanan perbaikan dalam
sumber daya manusia (SDM). SDM telematika adalah orang yang melakukan
aktivitas yang berhubungan dengan telekomunikasi, media, dan informatika
sebagai pengelola, pengembang, pendidik, dan pengguna di lingkungan
pemerintah, dunia usaha, lembaga pendidikan, dan masyarakat pada umunya.
Konsep pengembangan sumber daya manusia di bidang telematika ditujukan
untuk meningkatkan kualitas, kuantitas dan pendayagunaan SDM telematika
dengan tujuan untuk mengatasi kesenjangan digital, kesenjangan informasi
dan meningkatkan kemandirian masyarakat dalam pemanfaatan teknologi
informasi dan komunikasi secara efektif dan optimal.
Kesimpulan :
Layanan telematika ini sangat berguna dan efektif digunakan oleh masyarakat karena dengan adanya layanan telematika ini dapat mempermudah manusia yang dengan cara mengubah sesuatu yang awalnya manual menjadi digital. Tapi dalam sistem telematika harus diperhatikan dari segi keamanan karena dengan adanya celah pada keamanan suatu sistem dapat memungkinkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan celah keamanan pada sistem tersebut.
Dengan begitu diharapkan penggunaan layanan telematika dapat dimaksimalkan oleh penggunannya itu sendiri.
Kesimpulan :
Layanan telematika ini sangat berguna dan efektif digunakan oleh masyarakat karena dengan adanya layanan telematika ini dapat mempermudah manusia yang dengan cara mengubah sesuatu yang awalnya manual menjadi digital. Tapi dalam sistem telematika harus diperhatikan dari segi keamanan karena dengan adanya celah pada keamanan suatu sistem dapat memungkinkan pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan celah keamanan pada sistem tersebut.
Dengan begitu diharapkan penggunaan layanan telematika dapat dimaksimalkan oleh penggunannya itu sendiri.
Referensi :
http://www.hamzahsy.com/2014/10/layanan-telematika-untuk-keseharian.html
https://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
https://adji14.wordpress.com/2012/11/02/layanan-telematika/
http:/khusus-tugas.blogspot.com
0 comments:
Post a Comment