Kelebihan dan kekurangan
Kelebihan
- Membutuhkan ruang yang kecil baik ruang vertikal maupun horizontal. Lebar yang diperlukan adalah selebar kereta dan karena dibuat di atas jalan, hanya membutuhkan ruang untuk tiang penyangga.
- Terlihat lebih "ringan" daripada kereta konvensional dengan rel terelevasi dan hanya menutupi sebagian kecil langit.
- Tidak bising karena menggunakan roda karet yang berjalan di beton.
- Bisa menanjak, menurun, dan berbelok lebih cepat dibanding kereta biasa.
- Lebih aman karena dengan kereta yang memegang rel, risiko terguling jauh lebih kecil. Resiko menabrak pejalan kaki pun sangat minim.
- Lebih murah untuk dibangun dan dirawat dibanding kereta bawah tanah.
Kekurangan
- Dibanding dengan kereta bawah tanah, monorel terasa lebih memakan tempat.
- Dalam keadaan darurat, penumpang tidak bisa langsung dievakuasi karena tidak ada jalan keluar kecuali di stasiun.
- Kapasitasnya masih dipertanyakan.
Macam-macam bentuk Monorail
Spoilerfor Tipe straddle-beam:
Tipe straddle-beam dimana kereta berjalan di atas rel
Spoilerfor Tokyo monorail Haneda Line:
Tokyo
monorail Haneda Line ialah sistem monorel yang menghubungkan Bandara
Internasional Tokyo (Haneda) ke Stasiun Hamamatsucho di dalam kota
Tokyo, Jepang. Melewati rel kereta yang ditinggikan sepanjang pesisir
Teluk Tokyo, perjalanan dari bandara ke Hamamatsucho memakan waktu 21
menit, dengan biaya ¥470 sekali jalan. Selain monorel, bandara Haneda
dan Stasiun Shinagawa juga dihubungkan dengan Jalur Bandara Keihin
Kyuko, serta bus bandara.
Spoilerfor Peta Jalur:
Spoilerfor Monorail:
Spoilerfor Keistimewaan:
Kereta
6 gerbong ("Seri 2000") meluncur pada kecepatan lebih dari 80 km/jam.
Bila waktu berhenti di antara stasiun dihitung, kecepatan rata-ratanya
Monorel Tokyo sekitar 45 km/jam. Susunan kursi di dalam setiap gerbong
merupakan gabungan dari kursi yang menghadap ke depan, kursi yang saling
membelakangi, dan kursi sejajar yang saling berhadapan. Gerbong monorel
juga memiliki ruangan ekstra untuk barang bawaan dan koper.
Monorel Tokyo adalah salah satu dari jalur rel "swasta" yang menggunakan sistem kartu bayar Suica JR East. Mulai tahun 2007 penumpang dapat menggunakan kartu PASMO yang dapat digunakan pula di jaringan angkutan cepat Tokyo.
Monorel Tokyo adalah salah satu dari jalur rel "swasta" yang menggunakan sistem kartu bayar Suica JR East. Mulai tahun 2007 penumpang dapat menggunakan kartu PASMO yang dapat digunakan pula di jaringan angkutan cepat Tokyo.
Spoilerfor Akses ke bandara:
Penumpang
yang menggunakan monorel untuk pergi ke bandara bisa memanfaatkan
fasilitas Tokyo City Air Terminal di Hamamatsucho. Di sana terdapat meja
check-in dan mesin penjualan tiket maskapai penerbangan domestik
Jepang: JAL, ANA, Skymark Airlines, dan Air Do). Tiket Monorel Tokyo
bisa juga dibeli di lantai dasar Bandara Internasional Kansai di Osaka,
Bandara Itami (bandara domestik Osaka), dan Bandara Naha di Okinawa.
Spoilerfor Monorel KL:
Monorel
KL adalah sebuah sistem monorel perkotaan (sebelumnya dikenal dengan
nama Peoplemover Rapid Transit - PRT) di Kuala Lumpur, Malaysia. Monorel
ini dibuka pada tanggal 31 Agustus 2003 dan melayani 11 stasiun yang
membentang sepanjang 86 km (53 mil) dengan dua jembatan kereta paralel.
Monorel KL menghubungkan hub angkutan Kuala Lumpur Sentral dengan
"Golden Triangle". Pembangunannya dilaksanakan dengan biaya MYR 1.18
miliar oleh KL Infrastructure Group (KL Infra).
KL Infra mengumumkan kebangkrutan pada tanggal 15 Mei 2007 setelah berulang kali mengundurkan pembayaran utangnya. Tanggal 29 November 2007, Syarikat Prasarana Negara Berhad (SPNB) menandatangani perjanjian jual beli dengan KL Monorail Systems Sdn Bhd (KLMS). OPerator sistem Monorel KL saat ini adalah KL StarRail Sdn Bhd, sebuah anak perusahaan milik SPNB.
Menurut statistik Kementerian Transportasi Malaysia, jumlah operasi tahunan untuk RapidKL Monorail pada 2008 adalah 21.765.233.
KL Infra mengumumkan kebangkrutan pada tanggal 15 Mei 2007 setelah berulang kali mengundurkan pembayaran utangnya. Tanggal 29 November 2007, Syarikat Prasarana Negara Berhad (SPNB) menandatangani perjanjian jual beli dengan KL Monorail Systems Sdn Bhd (KLMS). OPerator sistem Monorel KL saat ini adalah KL StarRail Sdn Bhd, sebuah anak perusahaan milik SPNB.
Menurut statistik Kementerian Transportasi Malaysia, jumlah operasi tahunan untuk RapidKL Monorail pada 2008 adalah 21.765.233.
Spoilerfor Peta jalur:
Spoilerfor Monorel:
Spoilerfor Stasiun monorail bukit nanas:
Spoilerfor Double Decker?:
Spoilerfor Disneyland Monorail:
Disneyland
Monorail System atau Disneyland ALWEG Monorail System adalah salah satu
wahana dan sistem transportasi yang terdapat di Disneyland Resort,
California, Amerika Serikat. Monorel ini merupakan monorel pertama yang
dioperasikan setiap hari di Amerika Serikat.
Walt Disney sudah memikirkan monorel sebagai sistem transportasi publik yang praktis di masa depan. Namun ketika monorel ini direalisasikan pada 14 Juni 1959, Amerika Serikat khususnya Los Angeles tengah jatuh cinta pada produk-produk otomotif. Alhasil, monorel hanya dianggap sebagai salah satu hiburan yang ada di Tomorrowland, Disneyland
Walt Disney sudah memikirkan monorel sebagai sistem transportasi publik yang praktis di masa depan. Namun ketika monorel ini direalisasikan pada 14 Juni 1959, Amerika Serikat khususnya Los Angeles tengah jatuh cinta pada produk-produk otomotif. Alhasil, monorel hanya dianggap sebagai salah satu hiburan yang ada di Tomorrowland, Disneyland
Spoilerfor Disneyland Mark VII:
Spoilerfor Disneyland Mark VI:
Spoilerfor Disneyland Mark IV:
Spoilerfor Disneyland Mark III:
Spoilerfor Disneyland Mark II:
Spoilerfor Disneyland Mark I:
Spoilerfor Jakarta Eco Transport:
Jakarta
Eco Transport adalah sebuah sistem MassTransit dengan kereta rel
tunggal (monorel) dengan jakur elevated, yang kini sedang akan dalam
pembangunan di Jakarta, Indonesia. Dua jalur sedang dibangun: jalur
hijau melayani Semanggi-Casablanca-Kuningan-Semanggi dan jalur biru
melayani Kampung Melayu-Casablanca-Tanah Abang-Roxy
Spoilerfor Rencana Pengembangan:
Pada
rencana awal, proyek ini memiliki 3 fase, dengan mengutamakan penumpang
Bekasi/Cikarang dan Tangerang/Karawaci yang menuju Pusat CBD Jakarta
(Penumpang Bogor dan Depok telah dilayani dengan KRL, namun akan
memanfaatkan monorel ke Pusat CBD Jakarta):
Fase I: Koridor Jakarta (27km)
Stage I: Jalur hijau (14km)
Stage II: Jalur biru (13km)
Fase II: Jakarta ke Bekasi dan Cikarang (18-30km)
Fase III: Jakarta ke Tangerang dan Karawaci (16-25km)
Setelah terhenti beberapa tahun, pada awal 2013 pemerintah DKI Jakarta akhirnya memastikan kelanjutan proyek monorel di DKI Jakarta. Proyek ini digarap oleh PT Jakarta Monorail. Rute yang digarap oleh PT Jakarta Monorail terdiri atas dua jalur, yaitu jalur hijau dan jalur biru. Jalur hijau terdiri dari Kampung Melayu-Tebet-Kuningan-Casablanca-Tanah Abang-Roxy-Taman Anggrek (Jakarta Barat) dengan extension ke timur dari Pondok Kelapa-Sentral Timur Jakarta dan ke Barat dari Puri Indah. Sementara jalur biru dimulai dari Kuningan-Kuningan Sentral-Gatot Subroto-Senayan-Asia Afrika-Pejompongan-Karet-Dukuh Atas-kembali ke Kuningan.
Untuk proyek kali ini, PT Jakarta Monorail menggandeng pihak Hadji Kalla Group. Nantinya, Hadji Kalla Grup akan memiliki saham dominan dalam konsorsium baru dengan Jakarta Monorail. Konsorsium baru tersebut menurutnya, akan membantu soal pendanaan dan kontruksi. Sementara untuk armada kereta, PT Jakarta Monorail akan menggunakan monorel buatan Jepang
Sebelumnya gubernur DKI Jakarta yaitu Joko Widodo, merencanakan PT Adhi Karya mau bergabung dengan PT Jakarta Monorail. Namun Pihak Adhi Karya menolaknya. Mereka justru menawarkan rute lain monorel di Jakarta dan akan mengajukan proposal ke pemerintah DKI Jakarta.
Fase I: Koridor Jakarta (27km)
Stage I: Jalur hijau (14km)
Stage II: Jalur biru (13km)
Fase II: Jakarta ke Bekasi dan Cikarang (18-30km)
Fase III: Jakarta ke Tangerang dan Karawaci (16-25km)
Setelah terhenti beberapa tahun, pada awal 2013 pemerintah DKI Jakarta akhirnya memastikan kelanjutan proyek monorel di DKI Jakarta. Proyek ini digarap oleh PT Jakarta Monorail. Rute yang digarap oleh PT Jakarta Monorail terdiri atas dua jalur, yaitu jalur hijau dan jalur biru. Jalur hijau terdiri dari Kampung Melayu-Tebet-Kuningan-Casablanca-Tanah Abang-Roxy-Taman Anggrek (Jakarta Barat) dengan extension ke timur dari Pondok Kelapa-Sentral Timur Jakarta dan ke Barat dari Puri Indah. Sementara jalur biru dimulai dari Kuningan-Kuningan Sentral-Gatot Subroto-Senayan-Asia Afrika-Pejompongan-Karet-Dukuh Atas-kembali ke Kuningan.
Untuk proyek kali ini, PT Jakarta Monorail menggandeng pihak Hadji Kalla Group. Nantinya, Hadji Kalla Grup akan memiliki saham dominan dalam konsorsium baru dengan Jakarta Monorail. Konsorsium baru tersebut menurutnya, akan membantu soal pendanaan dan kontruksi. Sementara untuk armada kereta, PT Jakarta Monorail akan menggunakan monorel buatan Jepang
Sebelumnya gubernur DKI Jakarta yaitu Joko Widodo, merencanakan PT Adhi Karya mau bergabung dengan PT Jakarta Monorail. Namun Pihak Adhi Karya menolaknya. Mereka justru menawarkan rute lain monorel di Jakarta dan akan mengajukan proposal ke pemerintah DKI Jakarta.
Spoilerfor Peta Rute:
Spoilerfor Monorelnya:
Spoilerfor Interiornya:
Spoilerfor Tipe suspended:
Tipe suspended dimana kereta bergantung dan melaju di bawah rel.
Spoilerfor Shonan Monorail:
Shonan
Monorail adalah sebuah Monorail yang berada di negara sakura Jepang,
tepatnya di daerah kanagawa 48 km sebelah selatan kota Tokyo. Monorail
ini dibangun oleh kontraktor terkenal pada masanya yaitu Mitshubishi
Heavy Industries, Ltd yang dimulai pembangunannya pada tahun 1964 dan
selesai pada tahun 1970.
Shonan monorail adalah monorail dengan type suspended yaitu tipe monorail yang berjalan menggantung, hampir mirip konsep pembangunannya seperti kereta gantung, namun model konstruksi monorail ini lebih fokus kepada fungsi pegas dan rel penggerak yang berada dalam kotak pengamannya.
Shonan monorail adalah monorail dengan type suspended yaitu tipe monorail yang berjalan menggantung, hampir mirip konsep pembangunannya seperti kereta gantung, namun model konstruksi monorail ini lebih fokus kepada fungsi pegas dan rel penggerak yang berada dalam kotak pengamannya.
Spoilerfor Monorail:
Spoilerfor Rute:
Spoilerfor Aerobus:
Aerobus
adalah kendaraan self-propelled bertenaga listrik bus-seperti naik pada
kabel overhead yang ditangguhkan. Susunan kabel, mirip dengan jembatan
gantung , memungkinkan untuk bentang panjang hingga 600 meter antara
tiang. Sistem Aerobus diciptakan pada akhir tahun 1960 oleh Gerhard
Mueller dari GMD Mueller perusahaan angkat udara di Swiss .Paten untuk
Aerobus saat ini dimiliki oleh Aerobus International Ltd dari Houston ,
Texas , Amerika Serikat
Spoilerfor Monorail:
Spoilerfor Dipo:
Sejarah Monorel
Spoilerfor 1825 - Cheshunt Railway :
Spoilerfor 1876 - Philadelphia Centennial:
Spoilerfor 1876 - Sonoma Prismoidal:
Spoilerfor 1878 - Bradford & Foster Brook Monorail:
Spoilerfor 1886 - Meigs Monorail:
Spoilerfor 1886 - Enos Electric Railway:
Spoilerfor 1888 - The Listowel & Ballybunion Railway:
Spoilerfor 1909 - Brennan Monorail:
Spoilerfor 1911 - William H. Boyes Monorail:
Spoilerfor 1929 - The Bennie Railplane:
Spoilerfor 1952 - ALWEG Monorail:
Spoilerfor 1956 - Skyway Monorail:
Spoilerfor 1957 - Kebun Binatang Ueno:
Spoilerfor 1957 - ALWEG Monorail:
Spoilerfor 1958 - SAFEGE Monorail:
Spoilerfor 1959 - Disneyland / Alweg Monorail:
Spoilerfor 1961 - Turin, Italia:
Spoilerfor 1962 - Nihon / Monorail Lockheed:
Spoilerfor 1964-1965 AMF New York World Fair:
Spoilerfor 1964 - Tokyo / Haneda Monorail:
0 comments:
Post a Comment